A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Perkebunan
Selasa, 16 September 2014 12:22:02 Oleh: admin

Perkebunan

 

Secara geografis Kabpaten Aceh Barat terletak pda ketinggian 0-150 m dibawah permukaan laut (dpl), ditinjau berdasarkan tingkat kesesuaian lahan, Aceh Barat cocok untuk pengembangan sektor perkebunan  seperti kelapa sawit, kelapa, kopi, coklat, nilam, karet dan lain sebagainya.

Pada tahun 2010 luas kebun karet dan kelapa sawit yang diusahakan rakyat mencapai 23.862,37 dan 5.709 hektar. Dengan luas lahan tersebut dihasilkan produksi karet dan kelapa sawit sebesar 13.259,50 dan 52.091,24 ton.

Lahan karet terbesar berada di kecamatan Woyla Barat, Kaway XVI dan Arongan Lambalek. Sedangkan lahan pekerbunan sawit rakyat terluas terdapat di Kecamatan Kaway XVI, Meureubo dan Arongan Lambalek.

Wilayah Aceh Barat mempunyai banyak pantai dengan tanaman pohon kelapa tumbuh subur dimana-mana. Pohon kelapa ini menghasilkan produksi yang tidak sedikit dan tidak pernah berhenti sepanjang tahun.

Limpahan buah kelapa ini membuat masyarakat Aceh Barat sangat menggemari komoditi ini. Sebagian besar makanan khas wilayah ini menggunakan santan, selain itu kelapa muda juga sangat diminati sebagai minuman yang menyegarkan. Selama tahun 2011 tercatat 1.362,36 ton kelapa dalam diproduksi, dengan Kecamatan Arongan Lambalek dan Samatiga sebgai penyumbang terbesarnya. Jumlah ini meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Produksi komoditi lainnya seperti kelapa hibrida, kakao, kapuk, pinang, biji kopi, lada dan pala masih kecil, tidak sampai 1000 ton per tahunnya. Selain kelapa hibrida, komoditi lainnya diusahakan merata di semua kecamatan. Sedangkan kelapa hibrida hanya terdapat di Kecamatan Johan Pahlawan, Samatiga, Bubon, Arongan lambalek, Kaway XVI dan Meureubo.


News Sticker