A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

BUPATI ACEH BARAT TUTUP JAMBORE PENYULUH PERTANIAN PROVINSI ACEH KE 2
Selasa, 06 November 2018 23:13:01 Oleh: Pemkab Aceh Barat

Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS secara resmi menutup kegiatan Jambore Penyuluh Pertanian Provinsi Aceh ke II yang berlangsung sejak 4-6 November 2018 di Gedung Olahraga dan Seni Meulaboh Aceh Barat, Selasa (6/11/2018).

Turut hadir Danrem 012 Teuku Umar, Unsur Forkopimda Aceh Barat, Kepala SKPK, Rektor Universitas Teuku Umar, Kakan Kemenag Aceh Barat dan para SKPK.

Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS dalam sambutannya mengatakan dirinya merasa heran kenapa Aceh Barat masih memasok beras dari Kabupaten Pidie padahal sawah di Aceh Barat sangat luas, Bupati mendapat jawabannya yaitu karena di Aceh Barat tidak ada irigasi dan petani di Aceh Barat hanya mau membajak sawah dengan handtraktor, "setelah saya berbicara dengan Kadis pertanian Aceh Barat, saya dapati kebutuhan handtraktor di Aceh Barat sebanyak 1000 unit, yang sudah ada di masyarakat 400 unit, dan Alhamdulillah sekarang jumlah handtraktor di masyarakat sudah berjumlah 800 unit karena selama saya menjabat telah memberikan bantuan handtraktor sebanyak 400 unit, dan tahun 2019 saya optimis jumlah handtraktor di masyarakat bisa mencapai1000 unit seperti yang kita butuhkan" kata H. Ramli MS.

H. Ramli MS mengatakan telah mengalokasikan anggaran sebesar 30 milyar untuk memajukan pertanian dan perkebunan, Bupati Ramli MS juga telah menganggarkan Rp.30 Juta per desa yang bertujuan untuk memakmurkanagar petani di desa.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Abdul Manan, SP, MM mengatakan peningkatan komuditas holtikultura dan tanaman pangan adalah salah satu program di dalam RPJMA Aceh yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya meningkatkan produksi padi dan kedelai.

"Pemerintah Aceh memiliki persoalan kekurangan benih, Aceh membutuhkan 12.500 benih padi, dana yang dibutuhkan mensubsidi benih adalah 115 milyar, dengan peran Penyuluh pertanian diharapkan permasalahan kekurangan benih di Aceh dapat teratasi dan Aceh akan mencapai swasembada benih pada tahun 2020" kata Abdul Mannan.

Abdul Manan berharap Jambore yang telah dilaksanakan tersebut dapat memberikan kontribusi positif dalam memberdayakan penyuluh pertanian di lapangan.

Sedangkan Ketua PERHIPTANI Provinsi Aceh yang baru terpilih pada musyawarah PERHIPTANI Aceh pada Senin 5 November 2018 di Aula Bappeda Aceh Barat, Hasanuddin Darjo mengatakan, atas nama PERHIPTANI Aceh mengucapkan terima kasih kepada Bupati Aceh Barat, Kadis Pertanian dan tanaman pangan Aceh Barat beserta jajarannya dan masyarakat Aceh barat karena sudah mensukseskan Jambore Penyuluh pertanian Provinsi Aceh yang ke 2.
Hasanuddin Darjo mengatakan Penyuluh Pertanian Aceh siap menjadi ujung tombak untuk memajukan pertanian di Aceh.
"Saya selaku Ketua PERHIPTANI yang baru akan melakukan perubahan di organisasi PERHIPTANI Aceh, dan perubahan itu dimulai di Meulaboh ini" kata Darjo.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan hadiah kepada para pemenang lomba :
Adapun pemenang lomba sbb :
1. Lomba menanam Padi sistem Jarwo dengan rice transplanter :
Juara 1 : Aceh Barat
Juara 2 : Aceh Barat Daya
Juara 3 : Aceh Timur

2. Lomba Publikasi Penyuluhan (video blog dan cyber).
Juara 1 : Banda Aceh
Juara 2 : Aceh Besar
Juara 3 : Aceh Selatan

3. Lomba unjuk tangkas (sambung pucuk dan uji PUTS)
Juara 1 : Aceh Utara
Juara 2 : Aceh Besar
Juara 3 : Aceh Timur

3. lomba pidato singkat penyuluhan berbasis syariah
Juara 1 : Desi Novianti (Aceh Besar)
Juara 2 : Abdul Halim, SPT (Pidie Jaya)
Juara 3 : Febriansyah (Aceh Jaya)

4. Lomba Yel Yel
Juara 1 : Banda Aceh
Juara 2 : Aceh Barat
Juara 3 : Aceh Utara

5. Juara tanaman langka/unik
Juara 1 BPP Meureubo
Juara 2 BPP Kaway XVI
Juara 3 BPP Bubon

6. Juara keragaman jenis bahan baku/ mentah
Juara 1 : BPP Meureubo
Juara 2 : BPP Bubon
Juara 3 : BPP Johan pahlawan

7. Lomba Keragaman macam turunan olahan
Juara 1 : BPP Bubon
Juara 2 : BPP Meureubo
Juara 3 : BPP Panton Reu
(RN)

KATEGORI
ARSIP
News Sticker