A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

BUPATI ACEH BARAT H. RAMLI. MS BUKA LOMBA ASAH TERAMPIL PETANI TAHUN 2018
Selasa, 02 Oktober 2018 17:07:38 Oleh: Pemkab Aceh Barat

 

Dalam rangka mensukseskan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat 2017-2022 dalam bidang pertanian, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Barat melaksanakan Lomba Asah Terampil Petani Tingkat Kabupaten Aceh Barat Tahun 2018 yang dilaksanakan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Aceh Barat (2/10).

Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Aceh Barat Safrizal SP, M.Sc dalam laporannya mengatakan Kegiatan Lomba Asah Terampil Petani menjadi wahana pengembangan kelompok tani dalam mengembangkan usaha dan untuk meningkatkan kemampuan dan produktifitas demi kesejahteraan petani.

Sedangkan Bupati Aceh Barat H. Ramli MS dalam arahannya mengatakan bahwa Lomba Asah Terampil Petani merupakan metode untuk menggalakkan masyarakat petani agar dapat hidup mapan dan memadai, Bupati menambahkan secara teori ilmu akan ditanyakan saat lomba ini dan selesai lomba diharapakan peserta lomba dapat mempraktekkannya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati H. Ramli. MS menyampaikan rasa penasarannya mengapa di Aceh Barat kekurangan sandang dan pangan padahal areal pertaniannya sangat luas, Bupati juga mengatakan telah memanggil Dinas terkait untuk mendapatkan informasi, dan ternyata di Aceh Barat ditemukan beberapa kendala misalnya kekurangan air, dan masyarakat petani tidak mau membajak sawah lagi dengan kerbau, maka untuk memecahkan permasalahan tersebut Bupati H. Ramli MS telah memetakan kebutuhan handtracktor di Aceh Barat sebanyak 1000 unit, "yang sudah ada 400 unit, untuk menambahnya saya memprogramkan dan mewajibkan Kepala Desa untuk melakukan pengadaaan handtracktor, ditambah 80 unit handtraktor dari pemberian bantuan beberapa waktu lalu, dan akan dibagikan lagi 50 handtraktor beberapa waktu ke depan, secara garis besar kurang lebih kekurangan handtracktor 200 unit dan saya targetkan pada tahun 2019 akan terpenuhi hingga 1000 unit handtracktor di Aceh Barat" kata Ramli MS.

Terkait kekurangan air di areal pertanian, H. Ramli MS memprogramkan sumur bor, dengan membuat program setiap Gampong 1 sumur bor, "sasaran saya masyarakat petani harus meningkat produksinya sehingga meningkatkan kesejahteraan petani" tambah Ramli MS.

Selanjutnya, Bupati meminta kepada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Barat agar membuat program Pilot project untuk 6 Kecamatan Pertanian Swasembada Pangan, "Tahun ke 3 Pemerintahan saya harus ada pabrik penggilingan padi dan pembersihan beras agar ada produksi beras di Aceh Barat, dan padi dari Aceh Barat tidak lagi keluar daerah sehingga nilai tambah beras juga dapat dinikmati oleh pengusaha di Aceh barat" kata Ramli MS.

Terkait tahun 2019 yang akan dilaksanakan Pilpres dan Pileg, Bupati H. Ramli MS berpesan agar masyarakat bersatu padu dan jangan mendengarkan berita hoax atau berita bohong, sehingga masyarakat Aceh Barat tidak terpecah belah.

(Diskominsa Aceh Barat)

 

 

KATEGORI
ARSIP
News Sticker