A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Pengukuhan Satgas Saber Pungli Kabupaten Aceh Barat
Kamis, 29 Desember 2016 15:38:25 Oleh: Humas

Humas – Plt. Bupati Aceh Barat Drs. H. Rachmat Fitri, HD, MPA, Rabu (28/12) siang, mengukuhkan unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Aula Setdakab setempat. Unit Satgas Saber Pungli yang dikukuhkan tersebut berjumlah 36 orang, yang diketuai Wakapolres Aceh Barat Kompol Syafrinizal SAg.“Tujuan pembentukan unit saber pungli ini untuk menciptakan ketentraman masyarakat, menjadikan proses pelayanan publik bersih dari praktik pungli, dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap aparatur dalam pelayanan publik,” kata Rachmat Fitri. Menurut dia, pembentukan satgas saber pungli ini merupakan dasar dari pertimbangan lahirnya Perpres RI Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Selama ini, kata pria yang akrab disapa Haji Nanda tersebut, praktik pungli hampir menjadi budaya. Saat ini masyarakat juga sangat toleran terhadap praktik pungutan liar. Ia menyebutkan, Satgas saber pungli yang sudah dikukuhkan tersebut diharapkan fokus melakukan pengawasan di seluruh area perizinan, pengelolaan dana hibah, bansos, pengelolaan kepegawaian, pendidikan, dana desa, pelayanan publik (penyaluran Raskin, pelayanan KTP, SIM SAMSAT), pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, dan kegiatan lainnya yang memiliki risiko penyimpangan tinggi.“Kita meminta kepada aparatur pemerintahan untuk menyetop pungli. Masyarakat juga setop memberi. Laksanakan pelayanan publik sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, serta masyarakat diminta untuk tinggalkan kebiasaan pragmatisme,” katanya.Dia juga berpesan kepada segenap unsur satgas saber untuk giat bekerja, serius, profesional serta berorientasi pada penghapusan pungli baik secara kultural maupun sistemik . “Kedepankan upaya pencegahan dibanding penindakan. Lakukan sosialisasi secara masif, evaluasi SOP pelayanan publik di setiap satuan kerja dan dorong keterbukaan informasi publik lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara Wakapolres Aceh Barat, yang juga selaku Ketua Pelaksana  Satgas Saber Pungli, Kompol Syafrinizal SAg kepada wartawan mengatakan, pemberantasan pungli dalam wilayah setempat difokuskan pada penyuluhan di instansi, pelayanan publik, kemudian area perizinan, masalah mutasi pejabat dan sebagainya. “Target kita adalah bebas pungutan liar di Aceh Barat. Caranya, pertama kita lakukan sosialisasi, setelah itu terakhir kita lanjutkan dengan penindakan. Kita juga upayakan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat dan instansi, khususnya di bidang pelayanan publik, “ujarnya. 

News Sticker
Wakil Bupati Aceh Barat Drs.H.Rachmat Fitri HD, MPA menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-108 Tahun 2016 Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka Turnamen Tarung Drajat Aceh Barat Raih Peringkat II pada Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 Bupati Aceh Barat H.T. Alaidinsyah menerima gelar Doktor Kehormatan Aceh Barat Kembali Raih Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Juara I Terbaik Se-Indonesia TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN, ACEH BARAT MoU DENGAN UNSYIAH DAN RSUZA Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kembali raih Anugerah Prof. A. Madjid Ibrahim Untuk ke 3 kalinya Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka MTQ Ke-XXXII Tingkat Kabupaten Aceh Barat di Kecamatan Sungai Mas Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka Acara Pelantikan Koordinator KONI Kecamatan dan Rapat Kerja KONI Tahunan Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka Musrenbang Kecamatan Johan Pahlawan Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka Musrenbang 2015 Kecamatan Meureubo DANA TJSLP/ CSR PERUSAHAAN TAHUN 2015 DI KABUPANTEN ACEH BARAT Aceh Barat Raih Cukup Baik atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2014 Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah memimpin HUT KORPRI Pengambilan Sumpah Pimpinan DPRK Aceh Barat Masa Jabatan 2014 - 2019 Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera Memperingati Hari Anak Nasional Kabupaten Aceh Barat Tahun 2014 Sosialisasi Pendidikan dan Tryout Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Pembukaan Ramadhan Fair Kunjungan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Tim Visistasi DIKTI Melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Aceh Barat Peletakan Batu Pertama Program PMPN Selaras