A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Aceh Barat Menuju Bebas Kumuh
Kamis, 06 Oktober 2016 17:07:40 Oleh: Pemkab Aceh Barat

 

DALAM mencegah bertambahnya daerah kumuh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat terus berupaya memperbaiki dan membangun rumah sehat sejahtera di kabupaten itu. Seiring dengan hal itu, sejumlah sarana lain seperti drainase, jalan lingkungan, dan ruang terbuka hijau menuju Aceh Barat bebas kumuh juga terus dilakukan.

“Kita juga berupaya agar jalan di ibu kota kecamatan makin membaik dan lampu jalan akan dipasang secara bertahap di ibu kota kecamatan,” ujar Bupati Aceh Barat, Dr (HC) HT Alaidinsyah.

Menurut Bupati yang akrab disapa Haji Tito, Pemkab Aceh Barat saat ini fokus membangun rumah duafa secara bertahap. Ia berharap program yang direalisasikan sejak beberapa tahun lalu dapat terus berlanjut di masa mendatang. “Dengan dukungan DPRK dan masyarakat, kita terus lakukan langkah-langkah dan terobosan untuk mewujudkan Aceh Barat menuju bebas kumuh,” jelas Haji Tito.

Didampingi Wakil Bupati Aceh Barat, Drs H Rachmat Fitri HD MPA, Bupati menyampaikan pihaknya fokus pada sejumlah sarana umum seperti memperbaiki drainase dan jalan dalam kota, dan membangun irigasi Lhok Guci yang kini sudah dibantu Pemerintah Pusat. “Kita juga fokus memasang lampu jalan di kawasan Kota Meulaboh, sehingga semua jalan protokol yang selama ini gelap sudah terang benderang,” ujar Bupati Tito.

Listrik Gratis untuk Duafa
Untuk meringankan beban masyarakat miskin, Pemkab Aceh Barat pada tahun 2015 melaksanakan pembayaran rekening listrik bagi mereka yang menempati rumah duafa. Program itu disambut baik oleh masyarakat. Sebab, program itu sudah meringankan pengeluaran mereka untuk membayar rekening listrik. Masyarakat berharap Pemkab Aceh Barat supaya program itu berlanjut.

Adapun jumlah rumah yang sudah dibayar rekening listrik pada tahun 2015 adalah 2.780 rumah, pemasangan instalasi listrik pada tahun 2014 untuk 255 rumah dan tahun 2015 sebanyak 356 rumah. “Program pembayaran listrik gratis berlanjut pada tahun ini,” ujar Kadis Pertambangan dan Energi Aceh Barat, Ir Syahril.

749 Rumah Sehat
Untuk mengganti rumah masyarakat yang tak layak huni, Pemkab Aceh Barat sejak 2013 sampai 2016 sudah membangun 749 rumah untuk duafa. Rumah itu masing-masing dibangun tahun 2013 sebanyak 222 unit, tahun 2014 sebanyk 185 unit, tahun 2015 sebanyak 156 unit, dan tahun 2016 sebanyak 142 unit.

“Itu belum termasuk rumah duafa yang diperbaiki. Masyarakat yang belum mendapat rumah bantuan, kami minta bersabar. Rumah untuk semua duafa akan diupayakan secara bertahap,” ujar Kadis Cipta Karya Aceh Barat, Ir Salihin Jabar.

Menurutnya, pemberian rumah untuk duafa dilakukan sesuai hasil verifikasi tim yang dibentuk berdasarkan SK Bupati Aceh Barat. Tim itu beranggotakan unsur SKPK seperti Dinas Sosial, Bagian Administrasi Pembangunan dan Bagian Kesra Setdakab, serta Dinas Cipta Karya dan Pengairan Aceh Barat.

Jalan Lingkungan
Dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan permukiman, pada tahun 2013-2016 panjang jalan lingkungan yang sudah dibangun di Aceh Barat mencapai 32,41 kilometer (Km). Panjang jalan setiap tahun terus meningkat. Jalan yang sudah dibangun yaitu 5,3 Km pada tahun 2013, 6,10 Km pada tahun 2014, 9,46 Km pada tahun 2015, dan 11,55 Km pada tahun 2016.

Bangun MCK
Dalam rangka menggalakkan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Aceh Barat, selama kepemimpinan Bupati Alaidinsyah, Pemkab Aceh Barat sudah mengaggarkan sejumlah dana untuk pembangunan MCK (mandi cuci kakus) bagi keperluan warga.

Dengan MCK ini, Pemkab berharap masyarakat terhindar dari penyakit. Dalam rentang waktu 2013-2016, MCK yang sudah dibangun di Aceh Barat masing-masing 11 unit pada tahun 2013), 24 unit (tahun 2014), 19 unit (tahun 2015), dan 31 unit (tahun 2016). Anggaran untuk pembangunan MCK itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan APBK setempat.

Irigasi Lhok Guci
Pembangunan Irigasi Lhok Guci di Aceh Barat sudah dimulai tahun 2000. Namun, sampai kini irigasi itu belum siap seratus persen. Karena itu, Pemkab Aceh Barat terus berupaya percepatan penyelesaian pembangunan irigasi tersebut. Caranya antara lain melakukan pendekatan dengan Pemerintah Pusat agar membantu anggaran untuk irigasi yang nanti bisa mengairi 18 ribu hektare sawah.

Selama 2012- 2015, sudah dibangun irigasi di Aceh Barat sepanjang 13.304,70 meter dengan anggaran Rp 51.193.478. Irigasi sangat diperlukan masyarakat untuk mengairi sawah agar dapat meningkatkan hasil panen. Pembangunan saluran sekunder dan tersier untuk irigasi yang menjadi kewenangan Pemkab Aceh Barat mencapai 5.555 hektare.

Tanggul Pantai
Pembangunan tanggul sudah dimulai sejak tahun 1993. Namun, sampai saat ini pembangunan tanggul di sepanjang Pantai Gampong Suak Indrapuri dan Pantai Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan belum juga terpenuhi.

Namun, Pemkab Aceh Barat tak tinggal diam. Tapi, terus berupaya percepatan pembangunan tanggul laut hingga selesai. Sehingga beberapa gampong di sekitar pantai akan aman dari ancaman abrasi.

Drainase Kota
Pembangunan drainase di Kota Meulaboh sudah dilaksanakan sejak tahun 2012. Drainase itu sangat diperlukan agar saat hujan, Kota Meulaboh tidak lagi banjir seperti selama ini. Drainase kota yang sudah terbangun sepanjang 12.926 meter atau 12,926 kilometer.

Pada tahun 2016, kembali dialokasikan dana untuk pembuatan perencanaan drainase Kota Meulaboh secara menyeluruh. Saat ini, konstruksi sesuai hasil perencanaan ini mulai dilakukan secara bertahap. Pembangunan drainase diawali dari jalan protokol di Meulaboh seperti Jalan Teuku Umar dan Jalan Nasional.

Taman Kota
Ruang terbuka hijau pada median jalan merupakan salah satu program penghijauan di kawasan kota. Tujuannya, untuk menciptakan kenyamanan bagi pengguna jalan. Salah satu elemen pembentuk ruang terbuka hijau yaitu pohon-pohon yang ditanam seperti pohon angsana.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Aceh Barat, Adi Yunanda SE mengatakan, tahun 2016 sudah ditanam pohon di jalan Nasional. Tahun ini juga diprogramkan pembangunan jalur pejalan kaki dari Simpang Pelor hingga Mall Meulaboh.

Lampu Jalan
Selama 2013-2016, Pemkab Aceh Barat di bawah kepemimpinan Bupati HT Alaidinsyah dan Wabup H Rachmat Fitri HD sudah banyak memasangan lampu jalan di wilayah kabupaten itu dari kota sampai ke kecamatan.

Dengan adanya lampu jalan, ‘wajah’ Aceh Barat semakin bersinar di malam hari. Pemasangan lampu jalan dari tahun 2013-2016 selalu diprogramkan Pemkab Aceh Barat yaitu tahun 2013 sebanyak 425 lampu, tahun 2014 sebanyak 596 lampu, dan tahun 2015 sebanyak 318 lampu.

 

 

 

News Sticker
Wakil Bupati Aceh Barat Drs.H.Rachmat Fitri HD, MPA menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-108 Tahun 2016 Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka Turnamen Tarung Drajat Aceh Barat Raih Peringkat II pada Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 Bupati Aceh Barat H.T. Alaidinsyah menerima gelar Doktor Kehormatan Aceh Barat Kembali Raih Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Juara I Terbaik Se-Indonesia TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN, ACEH BARAT MoU DENGAN UNSYIAH DAN RSUZA Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kembali raih Anugerah Prof. A. Madjid Ibrahim Untuk ke 3 kalinya Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka MTQ Ke-XXXII Tingkat Kabupaten Aceh Barat di Kecamatan Sungai Mas Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka Acara Pelantikan Koordinator KONI Kecamatan dan Rapat Kerja KONI Tahunan Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka Musrenbang Kecamatan Johan Pahlawan Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah membuka Musrenbang 2015 Kecamatan Meureubo DANA TJSLP/ CSR PERUSAHAAN TAHUN 2015 DI KABUPANTEN ACEH BARAT Aceh Barat Raih Cukup Baik atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2014 Bupati Aceh Barat H.T.Alaidinsyah memimpin HUT KORPRI Pengambilan Sumpah Pimpinan DPRK Aceh Barat Masa Jabatan 2014 - 2019 Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera Memperingati Hari Anak Nasional Kabupaten Aceh Barat Tahun 2014 Sosialisasi Pendidikan dan Tryout Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Pembukaan Ramadhan Fair Kunjungan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Tim Visistasi DIKTI Melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Aceh Barat Peletakan Batu Pertama Program PMPN Selaras