A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

DANA TJSLP/ CSR PERUSAHAAN TAHUN 2015 DI KABUPANTEN ACEH BARAT
Sabtu, 07 Februari 2015 12:15:28 Oleh: Pemkab Aceh Barat

DANA TJSLP/ CSR PERUSAHAAN TAHUN 2015 DI KABUPANTEN ACEH BARAT

Mencapai 34 Milyar Rupiah

 

Humas - Program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (TJSLP) atau CSR di kabupaten Aceh barat telah mulai di laksanakan pada tahun 2015. program ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Peraturan Bupati (Perbup) Aceh Barat Nomor 26 tahun 2014.

Kegiatan TJSLP ini langsung dilaksanakan oleh pihak perusahaan. Jumlah perusahaan yang telah menandatangani MoU tentan pelaksanaan program ini sebanyak 13 perusahaan, baik yang bergerak di sektor pertambangan, perkebunan, jasa dan perbankan.

Tahab awal pelaksanaan program ini adalah sosialisasi perbup TJSLP ke pihak perusahaan pada tanggal 3 Desember 2014, dilanjutkan dengan pembahasan Nota Kesepakatan (MoU), rencana kegiatan dan jumlah dana TJSLP tahun 2015 antara pihak perusahaan dan pemerintah Kabupaten yang dikoordinir oleh Bappeda Aceh Barat. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 8 Desember sampai dengan 17 Desember 2014 yang berlangsung di Aula Bappeda.

Dari hasil pembahasan ini, total dana yang tersedia dari seluruh perusahaan untuk tahun 2015 sejumlah 34 milyar rupiah. Dana ini terbagi dalam berbagai kegiatan sosial yang akan dilaksanakan langsung oleh perusahaan, seperti bantuan untuk pendidikan, bantuna modal usaha, donasi untuk masyarakat miskin, psrtisipasi pada kegiatan keagamaan dan program pelestarian lingkungan.

Setelah tahap pembahasan dan kesepakatan rencana program TJSLP dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah daerah dengan pihak perusahaan yang mengantur tentang hak dan kewajiban masing – masing pihak dalam pelaksanaan kegiatan TJSLP di Kabupaten Aceh Barat

Dalam Nota kesepakantan ini pihak perusahaan berkomitmen untuk melaksanakan program – program TJSLP yang telah disusun dan wajib menyampaikan laporan pelaksanaan tiap Triwulan ke pihak Pemerintah Kabupaten yang selanjutnya akan menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah terhadap pelaksanaan program TJSLP tahun 2015. Kendala dalam penyusunan rencana kegiatan ini antara lain, ada beberapa perusahaan yang kegiatan TJSLP nya diatur oleh perusahaan induk atau pihak pusat sehingga mereka tidak dapat menyusun program sendiri 

Untuk memudahkan koordinasi dan pengawasan pelaksanaan kegiatan, telah di bentuk pula Forum TJSLP berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Aceh Barat Nomor 722 tahun 2014.

Forum Koordinasi yang diketuai oleh Kepala Bappeda Aceh Barat dan berangotakan perwakilan dari Pemerintah daerah serta perwakilan dari tiap perusahaan bertugas untuk melaksanakan fungsi pengkoordinasian, pengawasan, pengendalian dan pengevaluasian pelaksanaan TJSLP.

Bupati Aceh Barat H.T Alaidinsyah pada kamis 5 febuari 2015 menyerahkan Nota Kesepahaman atau MoU kepada masing-masing perwakilan perusahaan yang telah berkomitmen menyalurkan dana CSR nya kepada masyarakat. kegiatan yang berlangsung diruang rapat Bupati turut dihadiri wakil ketua DPRK H. Kamaruddin, SE.

Bupati mengharapkan dengan terbentuknya forum koordinasi TJSLP menjadi wadah bagi setiap perusahaan menyalurkan dana nya kepada masyarakat secara tepat sasaran. 'harapannya dana CSR dari perusaahn ini menjadi salah satu upaya mensejahterakan masyarakat dengan peningkatan pemberdayaan masyarakat yang ada di Aceh Barat" ungkap Bupati. 

 

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Barat H. T Ahmad Dadek SH mengharapkan setelah seluruh MoU ini di tandatangani, perusahaan langsung memulai program TJSLP nya sehingga manfaat program ini dapat dirasakan oleh masyarakat serta membantu program pemerintah dalam mensejahterakan penduduk. Dengan adanya program TJSLP ini juga diharapkan dapat menjembatani hubungan silaturahmi antara perusahaan dan masyarakat sekitar sehingga keberatan perusahaan di wilayah mereka dapat menjadi rahmat dan terjalin hubungan yang harmonis.

News Sticker